Monday, October 02, 2006

Top 10 Stupid MTB Tips 'n Tricks

Ide tulisan ini datang dan disadur bebas dari http://www.webmountainbike.com/top10stupmtb.html ditambah beberapa pengalaman pribadi :)

  1. Lupa mengencangkan quick release. Ini pernah terjadi di Gunung Pinang Cilegon. Waktu itu Deddy ENI terjatuh karena ban belakang lepas akibat quick releasenya gak kencang. Untung gak papa, padahal bisa fatal lho, apalagi kalo yang terlepas itu quick release roda depan. Sering-sering aja cek quick releasenya yah, termasuk waktu sedang istirahat.
  2. Quick release ketinggalan atau terlepas di angkot. Sering dialami teman-teman yang suka genjot di Puncak. Pas sampe di Rindu Alam, baru deh ketahuan quick release rodanya gak ada, entah tertinggal di Sederhana ato terlepas di tengah jalan. Kalo semangat masih tinggi, yah turun ke Sederhana lagi pake ojeq. Kalo gak semangat, batalin acara genjot dan turun dengan angkotnya Mang Dede. Kalo gue pernah ngalamin sendiri, cuman diakalin pake baut dan ring kecil yang dibeli di toko peralatan motor di Cipanas. Jangan ditiru tapi, berbahaya kalo tiba-tiba bautnya lepas di tengah jalan. Cuman waktu itu gue udah kepalang tanggung, untung gak knapa-knapa dan alhamdulillah berhasil menaklukkan Ngehe' 1 & 2 dan berhasil sampe di Sederhana. Tipsnya, kencangin quick release setelah roda di lepas.
  3. Roda Ketinggalan. Bah... jangan ketawa dulu, ini juga sering terjadi lho. Udah enak-enak keluar angkot, waktu mo pasang roda baru deh ketahuan rodanya kelupaan dibawah. Biasanya sih karena udah exited banget pengen genjot. Ngomong-ngomong malah pernah ada yang ketinggalan seat post lho :) Ayo ngacung..... Lain kali jangan terlalu bersemangat, barang sendiri jangan jadi tanggung jawab orang lain.
  4. Udah genjot beberapa kilometer, baru ketahuan helm lupa di bawah. Om Dodi TV7 pernah ngalamin hal ini. Bahayanya kalo terjadi incident, bisa celaka dua belas. Lain kali cek dulu seelum berangkat yah Om. Begitu turun mobil, langsung pake tuh helm, jangan disimpen di dalam mobil doang. Safety device yang lain jangan sampai ketinggalan juga, misalnya sarung tangan atau protector bagi yang senang loncat-loncatan.
  5. Baru sadar kalo ternyata cuaca sedang bersahabat, awan hitam pekat dan hujan bentar lagi turun dengan derasnya. Bersyukur kita punya Om DePe yang kadang suka ngirim Weather Forecast:) Acara yang tadinya dirancang hebat bisa jadi night mare kalo cuacanya tidak bersahabat. Apalagi ditambah lupa bawa jas hujan, payah bro. Hazard lain yang sangat berbahaya adalah petir, terutama yang genjot di daerah terbuka. Mangkanye sering-sering tuh liat ramalan cuaca.
  6. Minjem sepeda kawan tapi ternyata brake lever setting-nya berbeda dengan sepeda kita. Kadang kalo orangnya "kidal", kayak Om Igra, brake lever belakang ditaruh di sebelah kiri. Kalo kebetulan kita-kita yang "kadal" minjem sepedanya dan make di turunin, bisa kebayang kan jumpalitan karena salah mencet brake lever. Gue pernah ngalamin di JPG, jatuh di turunan kuburan. Om Kur juga pernah jatoh dengan kasus yang sama di Telaga Warna. Kalo minjem nanya dulu, jangan langsung genjot ah. Terus coba genjot beberapa putaran sebelum masuk ke track.
  7. Pas lagi asyik downhill, baru sadar rem gak berfungsi. Kayak Om Jonardy beberapa minggu yang lalu, untung doi bisa nyaingin Mc Gyver, brake pad belakang yang aus diganti dengan brake pad rem depan. Jadinya di turunan jalan pelan-pelan, tapi bukan karena ada si komo lewat :) Sering-sering cek brake pad, dan juga belajar cara ngegantinya. Jangan lupa bawa brake pad cadangan kalo genjot di gunung/hutan.
  8. Lupa bawa ban dalam cadangan dan pompa. Kebayang gak kalo hal ini terjadi di dalam hutan. Bisa-bisa dorong sepeda sampe finish. Belum tentu di setiap tempat ada tukang tambal ban. Lain kali bawa ban dalam cadangan plus penambal ban. Bisa aja kan kalo lagi apes ban sepeda kita bocor sampe lebih dari 2 kali. Eh kelupaan, pompa ban juga selalu dibawah yah, siapa tau gak bisa meinjem punya kawan karena ketinggalan dari rombongan. Apa bannya mau ditiup? kekekeqqq
  9. Dikejar anjing waktu genjot. Ini bisa terjadi kalo kita iseng ke anjing tersebut, misalnya iseng mo nabrak. Orang aja kalo mo ditabrak pasti marah, apalagi anjing. Eh... kebalik yah hehehe. Bisa juga karena terlalu berprasangka baik bahwa anjing itu binatang yang culun, sama baiknya dengan anjing tetangga. Eh nggak taunya sang anjing lebih galak dari tetangga. Tips-nya jangan terlalu positif thinking bahwa semua anjing itu baik, kadang kala negatif thinking bisa bikin kita selamat lho.
  10. Dikejar sapi/kebo waktu genjot. Gue pernah ngalamin ini di sawah di JPG, kebonya ngejar karena gue pake jersey merah. Untung ada kebonya diiket tali, kebayang gak kalo nggak keiket ato ikatannya lepas, pasti sama dengan matador gagal perang hehehe. Sejak itu gue gak pake jersey merah lagi. Sapi ama kebo kan bisanya ngeliat warna menyala doang seperti merah, kuning, ato orange.

Segitu dulu, ente-ente punya pengalaman yang lucu juga gak?

5 comments:

Anonymous said...

Tipsnya akan gue inget banget2 karena akan cuti lebaran di jakarta, en mau genjot di puncak pake speda baru heheh..uhhh dah excited banget nih...
Oom Igo nanti kasitau ya kapan mau genjot, no hp gue dah ada kan..

salam
januar

Andri Wibowo said...

ketawa baca tips2nya Pak.

Salam kenal :)

Igo Mappangara said...

monitor di milis ja om januar, undangan genjot pasti dipajang di milis.

Spedaman said...

tambahin satu lagi om, jgn sampe ketinggalan sarung tangan,,bahaya euy

*lirik2 om HPW* :p
hehehe,,,

Anonymous said...

Wawan Said
Untuk Yang di kejar anjing, kalao Temen saya pernah Ngalamin Lagi Nyantai di Warung Anjing Lagi Tidur Di Injek ( lantas aja anjingnya marah dan digigit sampe Berdarah

Salam
Wawan (KCC)
Karawang Cycling Club