- Cek sambungan rantai. Kalo pake Power Link, cek apakah posisinya sudah benar. Jangan lupa minyaki dan kalau sempat sebelumnya dibersihkan ala kadarnya.
- Cek angin ban depan dan belakang. Kurangi anginnya kalo terlalu keras, tmbah angin kalo terlalu empuk. Semuanya tegantung medan yang akan dilalui.
- Cek rem depan dan belakang. Atur posisi brake lever ke posisi yang paling optimal. Kalo minjam sepeda orang lain, perhatikan posisi brake lever jangan sampai berbeda dengan setup di sepeda kita (biasanya brake lever depan di sebelah kiri)
- Cek handle bar dan headset dengan cara digoyang-goyangkan. Kencangkan bautnya kalo terasa ada yang longgar.
- Angkat roda depan lalu putar. Pastikan roda berputar dengan bebas. Kalau agak tersendat, coba cek brake pad. Jangan lupa cek kekencangan baut hub.
- Angkat ban belakang lalu putar sama seperti ban depan di atas. Cek brake pad dan baut quick release.
- Coba berkeliling sebentar dengan sepeda lalu naik turunkan RD dan FD, cek pedal (terutama yang clipless), dan coba ngerem. Atur posisi RD/FD kalo terasa perpindahan gigi kurang sempurna.
- Cek perlengkapan darurat seperti tool kit, pump, ban cadangan (plus peralatan tambal ban bila perlu), pembuka ban. Gue biasanya nambah lagi pisau McGyver, bisa Leatherman ato Victorinox.
- Kalo tripnya Nite Ride, coba cek lampu-lampu. Sebaiknya lampu sudah siap dipakai sebelum berangkat jadi perlu dalam kondisi fully charged.
- Bawa doping (coklat, beng-beng, pisang, ato gula merah) dan air minum secukupnya.
Yang terkahir, berdoa sebelum berangkat. Selamat genjot.
No comments:
Post a Comment