Tuesday, March 20, 2007

Packing Your Bike

Pengen liburan off road di daerah yang baru dan jauh dari tempat tinggal? Ato kebetulan lagi tugas kantor di luar kota tapi tetep pengen genjot. Udah, bawa sepeda aja. Gimana caranya? Kebetulan gue dapat tips & tricks dari http://www.whatmtb.com/workshopdetails.asp?id=26

1. Lepas Pedal


Buka dengan kunci 15 yang pipih, kemudian bungkus dengan plastik atau kertas dan tempelkan di frame biar gak kelupaan.

2. Bongkar Wheelset

Setelah wheelset terlepas, untuk yang menggunakan quick release jangan lupa melepasnya. Bungkus dengan plastik dan rekatkan di sekitar wheelset dengan plackedban. Sprocket juga perlu di bungkus biar tidak merusak komponen lain. Untuk yang menggunakan hydraulic brakes, jangan lupa sisipkan ganjelannya yah.

3. RD

Bongkar RD dan antingnya (dropout) biar gak bengkok/rusak saat beradu dengan benda keras. Bungkus dengan plastik dan ikat di sekitar frame. Jangan lupa pasang batangan penahan yang menghubungkan kedua kaki belakang frame biar gak bisa ketekan waktu ditumpuk. Biasanya kalo beli frame baru, batangan ini selalu ada.

4. Batangan Penahan Fork

Seperti bagian belakang frame, fork juga perlu dipasangin batangan penahan menghubungkan kedua kaki-kakinya. Bisa minta di toko sepeda koq, biasanya gratis. Cuman ini gak perlu buat yang fork-nya bertipe through axle.

Untuk yang pake air suspension dan bepergian dengan pesawat terbang. Jangan lupa shock atau forknya di-deppressurize (digembosin) dulu biar minyak di dalam tabung gak keluar waktu pesawat sedang di udara (bertekanan).

5. Lepas Handlebar

Lepaskan handle bar dari stem, jangan lupa kuatkan kembali baut-baut pengencang handlebar di stem biar gak hilang. Bungkus handlebar dengan lastik dan ikatkan sejajar frame. Longgarkan ikatan stem ke fork dan putar dikit fork biar sejajar frame.

6. Tas Sepeda/Kardus

Sampai saat ini sangat susah mencari tas sepeda di Indonesia. Biasanya teman-teman menggunakan kardus bekas sepeda yang bisa diminta gratis di toko-toko sepeda. Sebelum memasukkan ke tas atau kardus, jangan lupa bungkus frame dengan palstik biar tidak lecet. Bila perlu, tambahkan koran bekas atas pelastik yang berfungsi sebagai peredam benturan. Setelah itu masukkan ban ke dalam tas/kardus.

Selamat berlibur.

Foto-foto diambil dari http://www.whatmtb.com

1 comment:

CAKnur said...

wach boleh juga itu idenya, itu dipake biasa pke airline yaa.. tp takutnya waktu loading dilempar2 ..and ditumpuk ama kardus gajah..
Tapi yg sering terjadi, gmana agar speda kga lecet saat loading di angkot maupun mbl bak cikole... ???
Ada ide....