Saturday, March 03, 2007

My New All Mountain Rig: Giant Reign 2007


Akhirnya, jadi juga rakitan sepeda all mountain-ku. Setelah hampir 4 bulan melewati proses pemilihan frame, akhirnya pilihan jatuh ke Giant Reign 2007. Alasannya sih pertama adalah value for money, kemudian didukung oleh review positif di banyak majalah MTB terbitan luar. Akhirnya dengan bulat hati frame ini ditebus 2 hari yang lalu.

Banyak cerita mengenai pemilihan frame. Mulai dari minta advice dari Om Ozy, HPW, sampe konsultasi dengan pakar Solo Pakde Is. Kemudian sempat mau order Yeti 575 dari Roy, sayang dia gak bisa nyediain barangnya dalam waktu dekat. Untuk Yeti, at least perlu order 3 bulan di depan. Sempat juga komunikasi dengan Hendra Bagusbike untuk frame Santacruz. Berhubung dealer di Singapore lagi bermasalah, akibatnya the new Santacruz baru bisa ready to order di bulan Mei 2007. Terkahir hampir mo bayarin Intense 5.5 milik Pak Camat Pamulang yang mau ganti frame titanium. Berhubung udah gak tahan lagi dan sepeda udah mau dipake, batal deh. Padahal murah lho tawaran Pak Camat, apalagi selama ini sepedanya hanya dipakai on-road Pamulang-JPG :)



Frame ini dilengkapi dengan rear shock Fox RP23 yang sudah ada fungsi ProPedal (berfungsi untuk mengurangi bobbing pada saat pedalling) dengan travel 6" (150 mm). Biar seimbang, didepannya dipasang fork Fox 36 Vanilla RC2 travel 160 mm. Pasti banyak yang nanya kenapa gak air suspension aja seperti Talas atau Flot. Masalahnya saya ini penggemar coil suspension dimana compression yang dihasilkan lebih linear dibanding air suspension yang makin tertekan makin keras. Kayaknya perlu belajar setting dulu deh, terutama untuk high/low speed compression.

Agar bisa berjalan dan meloncat dengan kokoh, dipilihlah Sun Rim Single Track dan hub Funn yang dihubungkan dengan spokes DT Swiss. Sengaja pilih warna ngejreng (baca: orange) biar gak kalah gagah dengan wheelset impian DT Swiss FR 2350 (seperti punya Om Raja Minyak). Untuk ban, disesuaikan dengan kondisi track. karena tadi pagi maen di track Rindu Alam - Gadog yang becek dan basah, di depan dipasang Maxxis Wet Scream 2.5" dan di belakang pake Schwalbe Knobby Nick 2.25" (asli lho, bukan reject).

Drive Train diperkuat oleh Shimano XT 2007 Rear/Front Dérailleur dan shifter, dan Shimano XT Hollowtech 2 Crankset yang dicantolin pedal Shimano DX M-647. Rem-nya pake Hayes Mag 9 hydraulic (franot & rear). Seperti di review sebelumnya, perpaduan shifter dan RD XT '07 ini sangat mumpuni, terutama saat perpindahan gigi dari berat ke ringan.

Komponen lain yang dipilih adalah seat post Thompson Elite 30.9 mm, sadle WTB Pure V, riser bar Amoeba Scuud 50 mm, stem Thompson Elite 90 mm, integrated Giant Reign Headset, dan ODI handle bar grip.

Bike Testing

Tadi pagi sudah dilakukan uji coba di track Rindu Alam - Gadog ditemenin Cak Nur, pengantin baru (JT & Pu3), dan 4 orang dari Duser Sawangan (Herling Wenas, dkk.). Awalnya sempat ciut juga melihat cuaca yang berkabut dengan jarak pandang max 50 meter ditambah dengan kuatnya hembusan angin. Cuman begitu turunan Paralayang dilibat habis dengan senyum tersungging, cuaca buruk langsung terlupakan. Turunan digeber habis dan rasanya mak nyos seperti naik BMW. Apalagi di turunan setelah Ngehe' 2 seperti Bukit Pyramid, lancar poll sambil loncat dikit-dikit :) Gak rugi nih pake Fox 36 Van RC2.

Tanjakan juga bisa dinikmati karena adanya ProPedal system dari Fox RP23. Hampir 75% Ngehe' 1 dilalui dengan digenjot. Sisanya TTB karena track licin (cari-cari alasan nih) hehehe... Tapi bener, tidak ada bobbing sama sekali pada saat tanjakan baik track off road, berbatu, maupun on road. Traksi ban belakang bener-bener nempel di track, tidak ada slip sama sekali seperti waktu masih pake NRS-G. Hhhmmmm, sedih juga ninggalin si Hitam NRS-G.

Yo wis, minggu depan mau nyoba jajal track DH di Gunung Pinang. Katanya sih ada track baru buatan teman-teman Cilegon Bikers. Tunggu aja laporannya.

10 comments:

Anonymous said...

wah cakep nih speda..pake van cocok banget... tapi sayang kebanting di rotor depan...coba pake 180mm biar tambah pakem pas turunan...

-salam dari miri-

Anonymous said...

selamat deh Oom Igo!
btw, nrs dilamar siapa nih?
sory dulu sempet nanya mo ke rumah liat si nrs nggak jadi. keburu ada banjir itu.

Igo Mappangara said...

sesuai saran, rotor depan sudah diganti 8" dan siap diadu di cikole sabtu ini :)

nrs masih disimpan om, gak dijual karena tetap akan dipake :)

Anonymous said...

Om Igo, bagus banget reign-nya jadi pingin.... boleh kasih tau, harga frame nett-nya berapa? dan dimana belinya..?

Thank's

ngomong2 yg dimaksud rotor sebelah mana..?

=salam wongpati=

Igo Mappangara said...

frame only 9 jt om, beli di aang sinar bangka roxy mas. coba masuk ke www.sepedaku.com untuk ngeliat alamat dan no telp toko sepeda

Unknown said...

Oom Igo...

Gile, racunnya alif langsung diembat...
berarti kalo maen ke jakarta NRSya boleh di pinjam dong?

-salam lagi dari tetangganya alif di Miri-

hendro.purwanto said...

Om Igo, kok ane jadi pengen ikutan punya reign yah...mudah2an ada stock di tempat aang...hehehehe

Igo Mappangara said...

ded, ayo dong dipamer acara genjot di negri jiran sana. pengen juga ngeliat balapan downhill antara giant dan santacruz :)

om HPW, kata Aang bakal banyak stock masuk April nanti. Malah ada Reign X segala lho :)

Anonymous said...

wah...yg begini dibilang value for money???
diliat dari komponen yg disebutin aja dah kebayang harganya..
anyway, selamat bersenang-senang ya om..

Igo Mappangara said...

Om Federales,

Bila dibanding Giant Reign dengan frame all mountain lainnya, jelas Reign value for money lah. Dengan budget segitu, saya sudah dapat 1 sepeda untuk 2 genre bersepeda: cross country dan light DH. Kebayang kan kalo melihara 2 sepeda, pasti lebih mahal dong.

Pemilihan component juga bukan untuk gaya-gayaan koq, tapi biar long lasting sehingga tidak buang duit buat upgrade. Lebih murah lagi kan.