Monday, March 20, 2006

Puncak, 18 Maret 2006

Akhirnya ke Puncak lagi, setelah beberapa minggu absen karena tugas kantor dan kondisi speda lagi gak fit karena fork-nya ompong. Ajakan genjot udah disounding di milis hari Rabu minggu lalu, selain ajakan via sms dari Buchan. Om Depe juga udah bantu ngirim weather forecast, dan emang bener pas banget ramalannya. Cuman sayang doi nggak bisa ikut karena anaknya tiba-tiba sakit dan kudu di bawah ke dokter. Didoain deh deh semoga anak Om Depe cepat sembuh.

Jam 6.30 pas gue udah nyampe di Sederhana, di sana udah ada Om Dodi Orange Bike, sang Produser TV7. Yang lain datangnya pada mepet di jam 7. Akhirnya terkumpul 10 orang: Jemmie, Putri (spedanya baru bow, intense orange), Papaw (newbie teman Jemmie), gue, Dodi, Buchan, Abeng (BMX-er), Tony si raja minyak, Ery Canondale Prohet, dan Jawa (teman Tony). Sebenarnya da 3 orang lain lagi cuman nggak mau gabung. Katanya mereka mo genjot dari Taman Safari aja, bukan start di Rindu Alam.

Sampe di Rindu Alam jam 7.45, dan start genjot jam 8.15. Ini bisa dicatet sebagai rekor, biasanya sih jam 9.00 baru genjot karena harus ber-hahahihi dulu sambil makan nasi goreng. Cuaca cukup mendukung, matahari cerah tapi tetep wae ti'is pisan euy. Track kering karena lama gak hujan. Walaupun kering, hanya Jemmie yang lolos di turunan WC Paralayang. Lainnya pada ragu, termasuk gue.... hihihi.

Genjot terus sampe Taman Safari, lancar-lancar aja kecuali minor incident sepeda Papaw teman Jemmie yang newbie tea' lepas ban belakang di track bak kontrol. Kasian juga udah nyium tanah padahal perjalanan masih jauh. Tiba di Taman Safari jam 9.30, rekor lagi kan... Nih ada beberapa foto yang sempat diabadikan.

MTB Clinic by Buchan, cara menghajar turunan dengan baik dan benar. Pertama ganti frame dengan Jamis XLT, trus pake fork yang travelnya panjang. Lalu... siiiiaaappppp.... lalu.... lalu.... ah ragu ah, TTB aja... kekekekeqqqq.

Safety precaution dari Om Ery. TTB karena batangan fork Canondale Prophet-nya ilang satu... kekekeqqq lagi.

Genjot dilanjutkan lagi setelah pisang sesisir dan Pocari ditebus di parkiran Taman Safari. Ternyata speda Putri bermasalah, padahal ini uji nyali pertama buat si Intense Orange Ngek-ngok (emang bunyinya kayak gitu kan Put...) hasil perburuan di lapaknya Wei Min. Kata Abeng, peserta merangkap montir, bearingnya ada yang oblak tapi masih digenjot. Cuman Jemmie nggak percaya begitu aja, walhasil kami semua disuruh duluan ke Pondok Ngehe sedang dia dan Putri pura-pura beresin sepeda. Yang lain sih udah curiga pasti mereka mo berduaan aja, ternyata curigation meleset. Mereka sengaja paling belakang biar bisa .... pake joki. huahuhuaaa. Sayang nggak ada fotonya euy....

Di Pondok Ngehe perjalanan tersendat dikit, ban belakang Om Dodi kena snake bite. Terpaksa Abeng turun tangan lagi. Ban dalem diganti, dipompa sampe OK, dan perjaanan dilanjutkan kembali, jam baru menunjukkan pukul 11.00. Sengaja milih jalur Ngehe 2 untuk menjamu Jawa dan Papaw yang baru pertama kali genjot di Puncak. Tiba di Pondok Ngehe2 jam 11.45, naik dikit 100 meter dan berhenti melepas penat dan berfoto bersama.

Putri dan Jemmie udah pake knee protector, sesuai saran Om Is.


Buchan dan Abeng

Setelah dari sini kelompok terbagi 2. Dodi, Jemmi, Putri, dan Abeng terpisah dari rombongan. Seharusnya di pertigaan kudu belok kiri, tapi kemaren tetep lurus karena petunjuk yang salah dari Bapak Petani yang terhormat. Akhirnya balik lagi ke TTB ke atas, padahal tadi turunnya mantab. Kali ini Putri nggak pake Joki :)

Rombongan lain nunggu di pondok jaga di hutan. Iseng-iseng Tony sang raja minyak nawarin jadi fotografer, gue dan Buchan bergaya kayak MTB-er expert yang kayak di majalah-majalah itu tuh. Parah juga usaha si lae satu itu, kayaknya udah tepat jadi raja minyak dan nggak perlu banting stir ke dunia foto memoto. Hasilnya seperti di bawah ini.

Liat fork barunya dong...!!!


Buchan bergaya lagi...

Ternyata grup yang ilang gak nongol-nongol juga, kami cabut duluan aja. Nyampe di bukit Piramid semuanya nyobain turun, nggak ada yang melipir ke kiri. Lumayan juga, ada beberapa yang jatuh bangun ngesot ke pohon teh. Di jalan berbatu Desa Lemahnendeut, ban depan gue pecah. Mungkin karena kebanyakan ngeloncatin lubang dan polisi tidur. Ceritanya mo uji nyali Psylo baru. Terpaksa berhenti bentar ganti ban ditemani sang raja minyak. Habis ganti ban, lanjut lagi dan masih juga loncat. Baru 500 m ban belakang pecah, solider ama sodara kembarnya di depan. Ban cadangan udah abis, untung ada sang raja minyak ngasih ban cadangan die. Lagi asyik-asyik ganti ban, tiba-tiba ... wuzzz...wuzzzz .... ada 3 sepeda melaju kenceng banget sambil sesekali melompat. Abeng, Jemmie, dan Putri udah kayak pembalap pro aja. Si Abeng brenti, ikut bantu benerin ban.

Udah mo berangkat, eh baru sadar koq Dodi gak nongol-nongol yah. Yah udah, si Abeng gue suruh naik ojeq ngejar ke atas sambil bawa bn cadangan, takut ban Dodi kempes lagi padahal cadangannya udah abis. Untung Dodi punya kantong doraemon yang ada kit nambal ban. Gak lama dia muncul bareng Abeng. Dan semuanya melaju sampai ke Sederhana.

Acara ditutup dengan gulai kepala kakap.... hhhmmm, nyam nyam....

No comments: