Wednesday, April 04, 2007

Is Pre-Use Inspection Important?

Di bulan Oktober 2006 gue pernah nulis tentang Pre-Trip Inspection. Kayaknya ada yang kurang deh, perlu pengecekan dari baut-baut di suspension system. Baik itu yang berhubungan dengan rear shock, ataupun ke lengan ayun system tersebut. Kenapa penting? Soalnya gue sempat ngalamin sendiri dan kalo kebayang impactnya kalo benar-benar terjadi, bulu kuduk langsung merinding deh.

Ceritanya sehabis maen XC di Cihuni week end kemaren (gue gak nulis reportnya karena gak terlalu istimewa), seperti biasa si Reign dimandiin biar bersih dan sehat untuk diajak trip berikutnya. Waktu sedang nyabunin lengan ayun, koq rasanya ada yang aneh yah. Baut di salah satu lengan ayun hilang sehingga beban hanya ditopang oleh satu baut saja (seharusnya dua). Deerrrr, gue langsung lemas. Untung aja gak terjadi apa-apa waktu sedang digenjot. Dan Untungnya lagi trip terakhir hanya XC, bukan AM ato little DH seperti minggu-minggu sebelumnya. Kebayangkan kalo lepas pas lagi melayang di udara ato sedang melibas berm, pasti sesuatu yang fatal akan terjadi karena suspension system sudah malfunction.

Gue langsung telpon Aang (Sianr Bangka) minta tolong apa ada spare baut dan sekalian nanya apa pernah ada kasus seperti ini. Kata si Aang 1-2 minggu yang lalu si Tony Raja Minyak juga mengalami hal yang sama dengan gue, pas banget posisinya di baut sebelah kiri. Menurut Aang lagi Reign produksi terkahir ini sepertinya kurang diberi Lock Tight, semacam pasta berwarna biru yang gunanya buat ngencangin ikatan baut. Dia juga udah order baut-baut pengganti untuk antisipasi kasus-kasus unik seperti ini.

Karena masih garansi, baut yang ada di Reign display toko dibuka dan diberikan ke gue. Dia juga wanti-wanti untuk selalu mengecek kekencangan baut sebelum sepeda dipergunakan. Walaupun bautnya diberi Lock Tight, tidak menjamin bisa menjaga baut tidak terlepas. Makanya gue juga setuju kalau kita jangan sekali-sekali mengabaikan yang namanya pengecekan sebelum penggunaan (Pre-Use Inspection) kepada tunggangan kita, apalagi kalo maennya agak kasar.

Segitu aja deh, semoga bermanfaat.

No comments: