Tuesday, July 11, 2006

JPG Track, here we come!!!


JPG Track, jalur besar (biru muda) dan kecil (pink). Thanks untuk Om Ozy untuk mapping track jalur kecil.

Track JPG ini hanya sepelemparan batu dari rumah gue, cuman butuh genjot on-road 30 menit udah sampe di sana. Letaknya tepat di antra Bintaro Sektor 9 (sekolah Jepang) dan BSD. Kalo lewat tol Pondok Indah - BSD entar tinggal keluar di BSD Lingkar Timur. Balik arah ke Utara dan mutar lagi setelah nemu Polsek BSD di sebelah kanan jalan. Nah, ikutin aja jalan berbatu di samping Polsek sampe nemu Jalur Pipa Gas (JPG). Kalo Sabtu minggu banyak genjoter yang nongkrong di warung Mpok Cafe, masuk track-nya barengan aja dengan mereka.

Enaknya masuk ke JPG pas 2 hari setelah hujan. Pas susunya, gak terlalu lengket dan juga kering-kering amat. Sebaiknya jangan masuk track kalo habis hujan semalam, tanahnya lengket banget dan jadinya sepeda gak bisa digenjot karena tanah nempel di ban ato nyangkut di v-brake. Mangkanye pake disc brake dong ahh...

Mpok Cafe - Sumur

Menurut para genjoter, JPG Track ini termasuk tipe Cross Country Track yang lebih adem dari Puncak & Puspitek, tetapi lebih sangar dari Cihuni Gading Serpong. Banyak obstacle yang bertebaran di sepanjang track yang bisa dipake untuk melatih ketrampilan menggenjot.

Track masih datar kalo genjot dari Mpok Cafe ke Pohon Bambu lewat Jalur Pipa. Karena sekarang udah nggak bisa motong Pohon Bambu lagi, udah dibangun pagar ama yang punya, majuan dikit 50 meter dan belok kanan di rumah-rumah penduduk yang nantinya tembus di belakang Pohon Bambu. Entar nemu area terbuka dan disuguhin dengan turunan pertama.

Di turunan pertama udah mulai pake skill, bukan otot doang. Siap-siap sehabis turunan di hadang dengan tanjakan, lalu turunan lagi. Setelah turunan terakhir posisi RD sebaiknya di gigi terbesar berhubung tanjakan berikutnya cukup terjal. Bisa digenjot koq, kecuali sehabis hujan kudu TTB karena licin. Grade-nya sampe sini level 2 lah.

Lanjut terus genjot di kebun orang, siap-siap dengan turunan level 3, soalnya sehabis turunan ada jembatan bambu kecil dan kudu hati-hati dengan patok beton di tengah track. Lanjut terus sampai tanjakan patah ke kanan. Sampai di atas disuguhin pemandangan lokasi track yang masih asri dikombinasikan dengan semak ilalang. Siap-siap dengan turunan Sumur setelahnya.

Di turunan sumur badan kudu condong ke belakang dan sebaiknya lebih banyak make rem belakang. Siap-siap dengan kombinasi turunan dan belok tajam ke kiri. Kalo gak siap bisa nyungsep ke sawah lho. Sehabis itu nanjak lagi yang lumayan terjal sampai lokasi istirahat di bahwa rindangnya daun bambu. Kenapa di sebut Sumur karena di sekitar tempat istirahat ada sumur penduduk. Silahkan mengambil nafas sejenak di sini. Jangan lama-lama biar semangatnya gak turun.

Sumur - Roller Coaster

Dari Sumur genjot melintasi hutan bambu nembus di jalan aspal. Belok kiri aja dan genjot yang kenceng biar gak keteteran di tanjakan jalan ini. Jangan keterusan, setelah tanjakan belok kanan masuk ke jalan setapak yang nembus ke kolam pemancingan. Hati-hati di jembatan bambu setelah pemancingan, pernah ada yang ban sepedanya terperosok ke sela-sela bambu jembatan, malah ada juga yang terpeleset masuk ke sungai karena licin sehabis hujan.

Setelah Pemancingan ada 2 laternatif, mau lewat jalur besar (warna biru muda di peta) ato lewat jalur kecil (warna pink). Kalo jalur besar belok kiri masuk ke pematang sawah setelah pemancingan. Kalo jalur kecil genjot terus melintasi jalan setapak di samping sawah, entar belok kanan dan masuk ke perumahan penduduk. Di sini ada pemancingan lagi, cuman lebih kecil dibanding yang pertama. Ikutin jalan setapak di bawah hutan bambu yang keluar di daerah persawahan. Siapkan keahlian bermain keseimbangan karena genjotnya di pematang sawah. Jangan sampe kecebur di sawah, entar bisa belepotan. Ikutin pematang sawah ke arah jembatan Kali Angke (baru tau kan nama kalinya), dan siap-siap dengan tanjakan kecil yang cukup terjal.

Belok ke kanan dan ikutan jalan setapak sampai ke hutan bambu. Di sinilah yang disebut Roller Coaster, jalurnya orang-orang yang masih punya nyali. Dimulai dengan turunan sedalam 5 meter kemudian dihajar dengan tanjakan setinggi 5 meter juga hanya dalam hitungan detik. Sebaiknya posisi RD dan FD di tengah biar gak loss power atau keentengan. Posisi badan pada saat turun condong ke belakang dan secepatnya diarahkan ke depan saat nanjak. Menurut gue Roller Coaster ini grade-nya 5. Kalo nyalinya ciut, silahkan ikutin jalur wisata di kiri Roller Coaster. Tapi liat gambar di samping dong, Si Putri aja punya nyali koq. Asyik kan Put?

Roller Coaster - Mpok Cafe

Kita lanjut terus ke Turunan "S". Turunan ini diawali dengan belokan ke kanan trus dibalas dengan belokan tajam ke kiri. Hati-hati dengan patok beton lagi di ujung turunan. Juga siap-siap nyungsep kalo habis hujan, tapi jangan nyungsep ke sungai yang ada tepat di samping turunan yah.... :)

Lanjut lagi lewat jalur tanjakan semak ilalang. Liat ekspresi Om Ozy dong yang cool banget waktu nanjak :) Tembusnya di SD Negri, belok ke kanan di samping lapangan bola lurus ke arah hutan bambu. Ketemu bambu masuk ke kanan dan siap-siap dengan drop off yang grade-nya lebih ringan dari Roller Coaster. Setelah hutan bambu, genjot terus sampe nembus jalan raya Bintaro - BSD. Ada yang ke kanan ikut Jalur Kecil langsung ke Mpok Cafe, ada juga yang belok kiri 50 meter terus masuk track off road di kanan jalan.

Track terakhir diawali tanjakan kecil di sela-sela kebon singkong. Belok kanan dan lurus terus sampai ketemu Jalur Pipa yang ada Track BMX-nya. Kalo gak pengen ajrut-ajrutan gaya BMX-er, lanjut aja ke kanan ke arah Mpok Cafe ngikutin Jalur Pipa. Hati-hati di jembatan besi, sangat licin kalo lagi basah dan bisa bikin terjungkal masuk sungai. Terus bonus terkahir adalah tanjakan yang lumayan panjang, sekitar 500 meter, sampai finish di Mpok. Istirahat deh sambil senyam-senyum seperti genjoter happy family ini.

Total panjang Track Besar sekitar 6 km, bisa ditempuh 30-60 menit tergantung cuaca dan kondisi track.

10 comments:

Anonymous said...

Hahaha... Pas banget degh, Om Igo... soal jembatan besi yang licin itu. Soale bulan April lalu si Bayi gurita kepleset & kelelep dengan sukses di sungainya. Kebetulan sungainya lagi penuh abis hujan malemnya. Jikakak..!!

Spedaman said...

hihihi,,, ati-ati lho om Anonim,,kena karma bayi gurita:p

tanjakan ngehenya dibahas dong om Igo:D
waah udah lama ga ke JPG nih...

Unknown said...

Wah oom Igo cukup lengkap nih review lintasan JPG nya.
Oom postingannya ini aku link dg postingan di blog ku ya.. boleh kan??

Keep on genjot

tabe' momi

Unknown said...

Oom Igo review JPGnya mayan kumplit nih ... kok bisa barengan harinya posting soal JPG.
Tapi untuk ditail traknya gw review ke blognya Igo stelah baca postingannya, tadinya rencannya mo posting tersendiri tapi dah keduluan .... kekekeke

keep on genjot Go ...
Tabe' Momi

Anonymous said...

wah saya kemaren jajal jpg...
seruu bngt
malah bawa oleh2 segala :D
luka di betis gr2 kena crank.. huhuh

Anonymous said...

om... map JPG nya saya grab yah..
buat materi di blog saya :D

ajie said...

wahh mantab nih blog..secara nambah pengetahuan tentang trek2 oprod

Anonymous said...

Mas Igo...saya Reza dari Reader's Digest Indonesia, Femina Group..majalah kita lagi buat edisi khusus tentang sepeda...saya lagi nulis tentang trek sepeda MTB di Indonesia..bersedia jadi narasumber mas? untuk cerita tentang trek Jalur Pipa Gas ini secara detail?..contact saya d reza.idris@telkom.net jika tertarik..ditunggu balasannya

Unknown said...

om,Empok cafe itu deket apa ya?saya nubie yg berdomisili di rempoa,saya ingin ke sana tapi ga tau lokasi pastinya..hehehe

andreas said...

diculik sama adit dan abay dari pamulang langsung meluncur kesana. berhubung ane newbie terjun ke JPG yaahh gitu deh banyak TTB nya!! hahaha!! ditambah jatoh2 mulu! tapi seru bgt! mau ngasah skill dulu baru maen lagi ke jpg.. mantabsss!!